Tanya "MinUT"
Categories
Daftar isi
< Seluruh Topik
Cetak

Apa yang dimaksud dengan e-Resources?

E-Resources adalah koleksi bahan perpustakaan digital seperti e-journal, e-book dan referensi online lainnya. Mahasiswa yang ingin mengakses e-book dan e-journal terlebih dahulu klik menu e-resources pada laman https://pustaka.ut.ac.id/lib/e-resources/ dan mengisi form akses yang ada di https://sl.ut.ac.id/form-akses-eresources/ dengan menggunakan akun ecampus, untuk mendapatkan username dan password.

e-Resources adalah koleksi bahan perpustakaan digital seperti e-journal, e-book, dan referensi online lainnya. Mahasiswa yang ingin mengakses e-book dan e-journal terlebih dahulu klik menu e-resources pada laman https://pustaka.ut.ac.id/lib/e-resources/ dan mengisi form akses yang ada di https://sl.ut.ac.id/form-akses-eresources/ dengan menggunakan akun ecampus, untuk mendapatkan username dan password.

Di samping itu, mahasiswa juga dapat mengakses database jurnal internasional terkemuka lainnya di Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Untuk dapat mengakses jurnal-jurnal tersebut, mahasiswa harus mendaftar menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) secara online.

Langkah–langkah untuk menjadi anggota Perpusnas adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke https://keanggotaan.perpusnas.go.id/ Perpustakaan Nasional-RI
  2. Sebelum melakukan pendaftaran keanggotaan terlebih dahulu mempelajari tatacara menjadi anggota Perpustakaan Nasonal–RI yang ada pada link https://e-resources.perpusnas.go.id/panduan
  3. Setelah keanggotaan diperoleh silakan login ke https://e-resources.perpusnas.go.id/ untuk mengakses jurnal yang diinginkan.

Selain itu mahasiswa juga dapat mengakses koleksi perpustakaan yang berada di berbagai institusi yang tergabung dalam database koleksi Indonesia One Search (IOS) yang beralamat di https://onesearch.id/