Tanya "MinUT"
Categories
Daftar isi
< Seluruh Topik
Cetak

Apa dan Kapan dilaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)?

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) merupakan kegiatan pengenalan proses belajar di perguruan tinggi. Materi OSMB di Universitas Terbuka menekankan pada seluruh layanan yang diberikan Universitas Terbuka kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat melakukan proses belajar mandiri.

  1. Secara umum, tujuan OSMB adalah membangun kesiapan, kesanggupan, dan kemandirian mahasiswa dalam belajar sehingga berhasil dalam studi pada sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ). Melalui OSMB, mahasiswa baru akan memperoleh pemahaman komprehensif tentang sistem pembelajaran di Universitas Terbuka mulai dari layanan registrasi, perolehan BA, tutorial, praktik/praktikum, sistem penilaian hasil belajar semester dan akhir program, hingga sertifikasi. Di samping itu, dalam OSMB diberikan pula penjelasan mengenai layanan dan fasilitas pendukung belajar lainnya, serta tips and triks strategi belajar di Universitas Terbuka.
  2. Seluruh mahasiswa baru berhak mendapatkan Kit OSMB. Kit OSMB dapat diperoleh mahasiswa dengan cara mengunduh dari laman UT (https://mahasiswa.ut.ac.id/osmb).
  3. Setelah mengikuti OSMB, mahasiswa diharapkan dapat:
    • Memiliki pemahaman tentang legalitas dan dampak positif kuliah di UT.
    • Memiliki pemahaman tentang sistem dan cara mengakses dan memperoleh layanan pendidikan Jarak Jauh.
    • Memiliki pemahaman tentang strategi sukses belajar di UT.
    • Membentuk komunitas pembelajar.
  4. Jadwal pelaksanaan OSMB akan diumumkan melalui laman media sosial UT Daerah.