Tanya "MinUT"
Categories
Daftar isi
< Seluruh Topik
Cetak

Apa yang dimaksud dengan Tutorial Tatap Muka (TTM), Tutorial Webinar (TUWEB) dan Tutorial Tatap Muka Atas Permintaan Mahasiswa (TTM ATPEM)?

  1. Tutorial Tatap Muka (TTM) adalah kegiatan tutorial yang dilaksanakan secara langsung di dalam kelas secara tatap muka. Mata kuliah yang memiliki tanda T pada tabel struktur kurikulum adalah mata kuliah yang WAJIB mengikuti Tutorial Tatap Muka (TTM) atau Tutorial Webinar (TUWEB), selama memenuhi jumlah peserta minimal 20 mahasiswa. Biaya Tutorial Tatap Muka Wajib sudah termasuk dalam registrasi mata kuliah.
  2. Tutorial Webinar (Tuweb) adalah modus tutorial tatap muka dengan memanfaatkan fasilitas web seminar melalui jaringan Internet yang dilaksanakan secara synchronous (real time/pada waktu yang bersamaan). Tuweb diselenggarakan dalam rangka meningkatkan layanan dan efisiensi penyelenggaraan TTM, terutama pada wilayah-wilayah yang secara geografis sulit dijangkau (misalnya tempat tinggal mahasiswa menyebar diberbagai wilayah atau di luar negeri) dan memerlukan biaya tinggi untuk menyelenggarakannya. Tuweb dapat diselenggarakan apabila mahasiswa dan tutor mempunyai akses yang baik terhadap jaringan Internet.

TTM dikelompokkan menjadi dua yaitu :

  • TTM Wajib
    TTM Wajib adalah TTM yang disediakan dalam layanan Sistem Paket Semester (SIPAS). Mahasiswa yang mengambil SIPAS penuh (beasiswa KIPK/CSR), semua mata kuliah disediakan layanan TTM-nya. Sedangkan mahasiswa yang mengambil SIPAS semi (umumnya prodi PGSD/PGPAUD), mata kuliah yang disediakan tutorialnya ditandai dengan kode T, P, atau PPr (dapat dilihat pada Struktur Kurikulum program studi masing-masing). Untuk mengikuti TTM Wajib, mahasiswa tidak ditarik biaya karena biayanya sudah termasuk dalam biaya paket semester.
  • TTM Atas Permintaan Mahasiswa (TTM Atpem)
    TTM Atpem adalah TTM yang dapat diselenggarakan jika ada permintaan dari mahasiswa. Untuk dapat mengikuti TTM Atpem, mahasiswa harus melapor ke UT Daerah setempat, Jumlah peserta minimal 20 per mata kuliah per kelas per semester, Tersedia Tutor yang relevan dengan mata kuliah yang akan ditutorialkan dan membayar biaya TTM sesuai dengan ketentuan.

TTM Atpem dapat diselenggarakan apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a. Jumlah peserta minimal 20 orang dan maksimal 35 orang per mata kuliah per kelas per semester.
b. Semua mahasiswa calon peserta TTM Atpem telah melunasi biaya TTM Atpem.
c. Tersedia tutor yang relevan dengan mata kuliah yang akan ditutorialkan.

TTM Wajib maupun TTM Atpem dilaksanakan oleh UT Daerah sebanyak delapan kali pertemuan dalam delapan minggu berturut-turut untuk setiap mata kuliah, di kota Praktikum UT Daerah atau di kota lain yang ditentukan oleh UT Daerah. Untuk memperoleh informasi tentang jadwal dan tempat tutorial, mahasiswa dapat menghubungi Praktikum UT Daerah setempat. Tutorial Tatap Muka Atas Permintaan Mahasiswa (TTM ATPEM) dapat dilaksanakan melalui Tutorial Tatap Muka (TTM) atau Tutorial Webinar (TUWEB) dimana dosen dan mahasiswa bertemu secara langsung dalam 1 kelas baik kelas fisik untuk TTM maupun virtual untuk TUWEB. Mahasiswa tidak akan memperoleh nilai TTM apabila tingkat kehadirannya kurang dari lima kali pertemuan.