Tanya "MinUT"
Categories
Daftar isi
< Seluruh Topik
Cetak

Apa saja persyaratan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)?

Berkas yang harus dilengkapi oleh calon mahasiswa RPL adalah:

  1. Formulir pendaftaran, dapat diunduh melalui https://www.ut.ac.id/formulir.
  2. Fotokopi ijazah SMA/SMK/Sederajat (Legalisir).
  3. Fotokopi KTP dan 1 lembar materai Rp. 10.000.
  4. Pas foto formal dengan ukuran 3×4 background merah/biru.

Berkas tambahan untuk jalur RPL:

  1. Fotokopi ijazah terakhir (Legalisir) atau Surat Keterangan Pernah Kuliah
  2. Fotokopi Transkrip Nilai (Legalisir)
  3. Hasil Tangkapan Layar / screenshot biodata diri pada laman pddikti.kemdikbud.go.id dengan keterangan Lulus atau Mengundurkan diri. (Jika status Anda di pddikti Belum Lulus maka Anda harus mengundurkan diri terlebih dahulu dari universitas lama Anda kemudian mengajukan ubah data agar berubah menjadi “Mengundurkan diri” ke universitas lama Anda.”)

Berkas tambahan KHUSUS untuk RPL Program Keguruan:

  1. Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Guru minimal 1 tahun dari Yayasan/ Kepala Sekolah (Legalisir).
  2. Surat Keterangan Mengajar Aktif minimal 1 tahun. Harus berstatus sebagai guru dengan pengalaman mengajar minimal 1 tahun SEJAK ijazah SMA/sederajat calon mahasiswa diterbitkan.

Untuk mahasiswa yang pernah lulus kuliah sebelumnya:
Unduh Formulir Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di https://www.ut.ac.id/wp-content/uploads/2024/06/KATALOG-PENYELENGGARAAN-TAHUN-2024-2025.pdf kemudian yang wajib diisi adalah :
1) F02/Formulir Aplikasi RPL dan Daftar Mata Kuliah Prodi yang akan dituju (lihat Lampiran 17)
2) F03/Formulir Evaluasi Diri (FED) (lihat Lampiran 18)
3) F07/Formulir Daftar Riwayat Hidup Pemohon (Curriculum Vitae) (lihat Lampiran 19)

Untuk mahasiswa pindahan:
1) Surat Keterangan Pindah dari Perguruan Tinggi Lama
2) Legalisir Cap Basah Transkrip sementara dari Perguruan Tinggi (PT) asal.
3) Screenshot biodata mahasiswa di laman PDDikti https://pddikti.kemdikbud.go.id.

Sebelum melakukan pendaftaran Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) calon mahasiswa menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam bentuk digital untuk diunggah melalui laman https://admisi-sia.ut.ac.id